Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perjalanan teristimewa yang akan dilakukan umat Islam tanpa terkecuali dalam waktu dekat ini adalah Ramadhan. Start dan fnish-nya telah ditentukan untuk para muslimin. Jika saja ada selisih 1-2 hari karena awal waktu yang berbeda, sedemikian istimewanya, tentu wajib kita persiapkan.

Hukum dari persiapan: jika kita gagal menyiapkan, maka sama dengan menyiapkan kegagalan. Titik keberhasilan Ramadhan penting untuk jadi perhatian utama. Kekuatan fisik yang terlatih berpuasa, kedisiplinan jiwa memanfaatkan malam-malamnya, dan kebersihan hati menjalani keseluruhannya. Persiapan harta juga penting, agar pahala infak dan zakat yang berkali-kali lipat bisa tergapai.

Hal paling mendasar dari semua persiapan ini adalah niatkan sungguh– sungguh. Mari mengerjakan persiapan itu, maka Allah berkenan memberikan pahala penuh Ramadhan walaupun usia kita tak sampai. Sebagaimana di QS An Nisa ayat 100, “Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha pengampun, Maha Penyayang.”


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi Februari 2020