KEBANGKITAN EKONOMI ISLAM

Perkembangan Ekonomi Islam

Islam merupakan Agama yang universal dan komprehensif. Universal, karena Islam diperuntukkan bagi seluruh ummat manusia dan alam semesta. Komprehensif, karena Islam memiliki ajaran yang lengkap dan sempurna. Meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, tidak saja aspek ritual peribadatan, tetapi juga aspek mu’amalah (hubungan sesama manusia) dalam berbagai bidang, meliputi ekonomi, sosial, politik, hukum, dan sebagainya.

Bahkan Hamilton Alexander Rosskeen (H.A.R) Gibb, seorang orientalis asal skotlandia sekaligus profesor Universitas Harvard, di dalam bukunya Whiter Islam menyatakan, ”Islam is indeed much more than a system of theology, it is a complete civilization.” Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama, Ia adalah suatu peradaban yang sempurna.

Secara khusus prinsip dasar ekonomi Islam berasal dari ayat Al-Qur’an: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Al-Qashash : 77)

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi Agustus 2017