Mojokerto – Berbuka di pinggir sungai, bagaimana ya rasanya?. Ternyata tetap khusyuk dan tambah guyub. Hal itu yang dirasakan masyarakat Rolak 9 Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur.

Sebanyak 61 bapak-bapak dan para ibu disertai 13 anak-anak lesehan duduk di pinggir kali. Tepatnya di Kali Brantas. Warga dhuafa sekitar lokasi kali, masyarakat umum, sampai marbot masjid bersiap untuk berbuka bersama di persimpangan antara Kalimas dan Kaliporong.

Lokasi itu dipilih karena memiliki nilai sejarah terkait berdirinya Mojokerto. Berdirinya Majapahit diawali di pertemuan sungai yang dulu menjadi jalur transportasi itu. Yakni sungai Brantas dan sungai Kalimas yang  mengalir ke Surabaya.  “Alhamdulillah, ini pertama kalinya saya kenal LMI dan buka puasa bersama dipinggir kali,” ujar salah satu peserta berbuka, Mulyadi.

Peserta lainnya, Syaiful ikut menimpali. “Terima kasih kepada LMI yang telah mengadakan acara buka puasa ini. Semoga ke depan semakin berbuat baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Buka puasa tersebut spesial karena mengajarkan kepedulian kepada sungai. Bahkan, tausyiah sebelum berbuka juga bertema pentingnya menjaga sungai sebagai sumber kehidupan. Selanjutnya, setelah adzan berkumandang masyarakat dapat menikmati es blewah, sate kambing, dan nasi kotak untuk dibawa pulang.

Mari berikan makan berbuka bagi masyarakat yang membutuhkan melalui program Buka Puasa Nusantara Laznas LMI. Pada Ramadhan kali ini, buka puasa Insya Allah dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian