PALEMBANG – Banyaknya bencana yang terjadi di pelosok negeri memerlukan misi kemanusiaan untuk membantu warga terdampak. Bahkan, bukan hanya bencana alam yang terjadi di Indonesia, tapi juga bencana kemanusiaan di level internasional seperti yang menimpa etnis Rohingya.
Laznas LMI selama ini menerjukan langsung relawannya di wilayah bencana. Pengalaman itulah yang dibagikan kepada masyarakat melalui safari kemanusiaan ke berbagai wilayah kota/ kabupaten di Sumatera Selatan. Kegiatan dimulai pada 8 hingga 10 Februari dan 22 sampai 24 Februari dengan mengunjungi sekolah, kampus, pengajian, dan ormas Islam.

Salah satunya berlangsung pada Jumat (23/2). Laznas LMI berbagi pengalaman dengan 300 anggota Banser NU dan GP Ansor di Lempuing Jaya, Sumatera Selatan. Head Of Humanity Project Laznas LMI Sdr Ifik Ismoedjati sharing tentang misi kerelawanan. Ifik menggelorakan sangat kemanusiaan para peserta.
“Mari kita rawat dan kita jaga NKRI. Jaga ulama dan Kyai,” ucapnya.

Peserta juga menyambut dengan antusias saat Ifik bercerita tentang misi kemanusiaan Rohingya di Bangladesh. Tidak sedikit yang merasa merinding saat mereka tahu ada pengungsi yang melahirkan dalam pelarian di tengah hutan. Ada juga pengungsi yang ditembak dan dieksekusi dengan menggunakan senapan otomatis. Belum lagi cerita pengungsi yang terkena ranjau darat tentara Myanmar.

Selain sharing terkait Rohingya, Ifik juga berbagi kisah bencana di Palestina, Suriah hingga bencana alam seperti gempa bumi, banjir bandang, tanah longsong, dan erupsi gunung. Termasuk bencana gizi buruk dan campak yang terjadi pada anak-anak Suku Asmat di Papua. Laznas LMI terlibat langsung dalam berbagai misi kemanusiaan tersebut.

Diharapkan, safari kemanusiaan itu dapat menumbuhkan kepedulian serta empati di kalangan generasi muda dan masyarakat Sumatera Selatan terhadap kondisi saudara-saudara kita yang sedang dirundung bencana. Aamiin. (evq)

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik