Bangladesh – Penyaluran bantuan kemanusiaan Laznas LMI bersama Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) untuk Rohingya makin intensif dilakukan.

Pada Selasa (31/10) tim kembali melakukan perjalanan ke camp pengungsian menggunakan Tom Tom. Yakni sejenis bajaj. Dalam posko medis yang didirikan IHA, ada seorang bayi perempuan berusia beberapa minggu yang dibawa ibunya. Dia datang dalam keadaan lemas. Bahkan nafasnya pun sesak. Dokter tim, dr Shilvian menyebut bayi itu didera dehidrasi tinggi. Sang bayi harus segera dibawa ke rumah sakit. Saat ditanya oleh dokter, sang ibu mengaku beberapa hari ini belum makan. Akhirnya, dr Shilvian segera membawa bayi tersebut menuju rumah sakit.

Kasus yang menimpa sang bayi menunjukkan kalau makanan dan air menjadi problematika utama pengungsi Rohingya. Contohnya Bahrul Alam. Dia adalah salah satu di antara ribuan pengungsi yang mengalami permasalahan kesehatan lantaran kekurangan air bersih. Karena itu, pada Selasa (31/10), posko medis IHA melalui dr Aditya memberikan solusi dengan menggunakan Solar Water Disinfection (SODIS). Yaitu metode memperoleh air bersih untuk minum.

Sehari sebelumnya, air pompa di pengungsian diletakkan di seng untuk dipanaskan dengan matahari selama 6 jam. Lantaran kondisi cuaca sedang hujan, dr Aditya hanya memperagakan melalui translator dari warga yang bisa berbahasa Melayu. “Sekalipun rasanya tidak seenak air kemasan, setidaknya ini lebih sehat,” ujarnya.

Program tersebut rencananya bakal menjadi program jangka panjang selama setahun oleh tim medis IHA. Meski begitu, krisis air tidak serta merta selesai. Para pengungsi Rohingya masih berhadapan dengan masalah sanitasi.

Sementara itu, tim juga telah mempersiapkan bahan pangan yang akan disalurkan. Yakni food aid for Rohingya di camp Kutupalong sebanyak 150 paket. Bantuan itu akan diberikan sampai 3 hari. Isi paket di antaranya adalah sembako berupa beras, kentang, bawang, dan minyak goreng. Ada juga garam, lentil, serta biskuit.

Sampai saat ini, ratusan ribu pengungsi Rohingya masih membutuhkan bantuan dan uluran tangan untuk kehidupan yang lebih baik. (susanto/nir)

Laznas LMI
Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
0822 3000 0909

Rekening Donasi:
708 2604 191