RUBRIK KONSULTASI ZAKAT

Ustaz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA
Anggota Dewan Syariah LMI

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustaz, saya memiliki tabungan yang ternyata sudah melebihi nishab dan telah saya miliki sejak 3 tahun yang lalu. Namun saya baru mengerti ilmunya bahwa ternyata saya ini telah wajib zakat. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus merapel zakat saya sejak 3 tahun tersebut? Ataukah boleh satu tahun saja karena baru tahu?

Jawaban:

Alhamdulillah wasshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du.

Terkait pertanyaan diatas, berikut beberapa catatan penjelas:

  1. Ketidaktahuan tentang hukum zakat seperti dalam kasus yang ditanyakan itu, tidak menggugurkan kewajiban syariat zakat, selama waktu dan kemampuan untuk menunaikannya masih tetap tersedia. Selama yang bersangkutan masih hidup dan berkemampuan untuk membayar zakat yang menjadi tanggungannya.
  2. Kewajiban zakat bagi yang tidak atau belum terlaksana pada waktunya, karena satu dan lain sebab termasuk karena ketidaktahuan atau ketidaksadaran akan kewajibannya, tidak serta merta gugur dengan berlalunya waktu tersebut. Melainkan, tetap menjadi tanggungan utang yang wajib ditunaikan oleh yang bersangkutan kapanpun waktunya, selama masih ada kemampuan darinya. Bahkan setelah wafatnya sekalipun, tanggungan utang zakat tetap wajib dibayarkan dari harta pusaka peninggalan almarhum sebelum dibagi diantara ahli waris. Tentu, jika tentang adanya tanggungan utang zakat tersebut diketahui oleh para ahli waris.
  3. Jika kewajiban syariat yang menjadi hak murni Allah saja seperti puasa dan bahkan shalat tetap wajib di-qadhamenurut banyak ulama madzhab, apalagi untuk kewajiban zakat yang disamping merupakan hak Allah juga terkait erat dengan hak sesama yakni hak para mustahik. Karena seorang muslim yang tidak atau belum membayar zakat hartanya pada waktu wajibnya, itu sama saja berarti ia telah berutang pada para fakir, miskin, dan mustahik penerima zakat lainnya yang tetap menjadi tanggungan di pundaknya sampai kapanpun. Seperti utang harta pada umumnya.
  4. Jadi dengan demikian, tanggungan zakat yang wajib dibayar oleh yang bersangkutan seperti dalam pertanyaan di atas adalah seukuran kadar zakat tabungan untuk tiga tahun dan bukan untuk setahun terakhir saja. Wallahu a’lam bisshawab.

Demikian jawaban yang bisa kami berikan, semoga bisa dipahami dan bermanfaat.