Pacitan – Duka korban tanah longsor dan banjir bandang di Pacitan belum usai. Banyak bangunan vital seperti sekolah, fasilitas kesehatan, dan tempat ibadah rusak. Termasuk rumah-rumah warga.

Tercatat ada 33 desa terdampak di Pacitan. Salah satu desa yang paling terdampak dengan jumlah rumah rusak cukup banyak adalah Dusun Ngaluran, Desa Glinggangan, Kecamatan Pringkuku. Total ada tiga RT yang rusak parah. Sebanyak 184 warga desa mengungsi akibat terdampak bencana. Tercatat sekitar 38 rumah kondisinya rusak parah karena tertimbun longsor.

Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI pun melanjutkan misi kemanusiaan menuju lokasi tersebut pada Jumat (2/11).

Tim Relawan Laznas LMI selain membawa bantuan logistik seperti sembako dan air minum, tim juga membuat dapur umum untuk memasak makanan bagi warga. Untuk menyalurkan bantuan tersebut, tim harus berjalan kaki ke rumah-rumah warga. Motor dan mobil tidak bisa mencapai lokasi lantaran banyak jalan yang terputus. “Kami akan menyampaikan bantuan yang bapak dan ibu donatur berikan, meskipun medannya jauh dan sulit dilalui,” ujar Koordinator Tim RNPB Laznas LMI Susanto.

“Masyarakat desa menyampaikan terima kasih banyak atas bantuan LMI,” ucap Kepala Desa Glinggangan Supriyanto saat menerima bantuan dari tim Relawan Laznas LMI.

Setelah menjalankan misi di Desa Glinggangan, Tim RNPB melanjutkan giat tanggap bencana ke Desa Banjarsari. Di lokasi tersebut, rumah warga yang terkena longsor ada 6 titik. Relawan pun membantu membersihkan jalan dan rumah warga.

Hingga saat ini, total korban banjir dan longsor yang meninggal mencapai 17 orang. Yang belum ditemukan delapan orang. Jumlah pengungsi mencapai 4.192 orang.

Selain makanan dan obat-obatan, kebutuhan para korban juga masih banyak. Warga sangat membutuhkan perlengkapan sekolah seperti buku dan seragam. Sebab, terdata ada 73 sekolah terdampak banjir. (nir)

.

.

.

.

.

——————————————
Laznas LMI
 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909 / http://bit.ly/KonfirmasiuntukBantuanKemanusiaan
 www.lmizakat.org
💳 BSM 708 2604 191
Kode transfer 28, misalnya Rp 1.000.028
——————————————-
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik