Tanah Laut – Menjadi penyandang disabilitas sering kali terkendala mobilitas sehari-hari. Itu juga yang dialami Mungalim. Pria asal Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang salah satu kakinya tidak ada pasca amputasi.

Mungalim merupakan penyandang disabilitas sejak menjadi korban kecelakaan pada 2015. Ketika itu, kaki kirinya terpaksa diamputasi. Akibatnya, dia kesulitan untuk berjalan dan beraktivitas. Padahal, dia adalah seorang kepala keluarga yang harus bekerja.

Laznas LMI berupaya meringankan beban Bapak Mungalim dengan menyalurkan kendaraan yang dimodif khusus untuk penyandang disabilitas pada Rabu (29/11). Motor tersebut nantinya bisa digunakan untuk mencari nafkah.

Pria berusia 42 tahun tersebut saat ini harus menghidupi satu orang putranya yang duduk di bangku SMP. Dengan mengandalkan kekuatan fisik yang ada, saat pagi hari Mungalim bekerja mengolah batu bata untuk kebutuhannya sehari-hari.

Setelah itu, malam harinya dia mendapat tambahan penghasilan dengan menjaga gudang alat berat. “Sejak saya berpisah dengan istri saya pada 2012, saya menafkahi putra saya seorang diri,” ucapnya.

Semoga kendaraan baru tersebut jadi pemacu semangat Bapak Mungalim untuk terus berjuang demi keluarga.

Mungalim ingin sang anak, M. Afriza Mukti yang kini berusia 12 tahun dapat sekolah lebih tinggi lagi. “Alhamdulillah, terima kasih kepada donatur LMI yang telah membelikan saya kendaraan yang sudah dimodifikasi. Saya ingin berjualan minyak wangi (parfume roll on) di acara pengajian taklim atau tabligh. Sekarang saya jadi tidak merepotkan tetangga dan teman saya lagi yang sering saya mintai tolong untuk antar jemput saat jaga malam,” katanya.

“Alhamdulillah, awalnya saya mendapat informasi bahwa ada orang yang menjual motor modifikasi untuk difabel. Setelah itu, kami langsung menghimpun donasi untuk pembelian motor tersebut,” ungkap Paidi, koordinator UPZ Laznas LMI di Pelaihari, Tanah Laut.

Laznas LMI akan menjaga amanah dari donatur untuk menyalurkan donasinya tepat sasaran. “Semoga bantuan kendaraan itu dapat mendukung Bapak Mungalim mewujudkan cita-citanya agar sang putra mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Semoga bantuan kendaraan ini juga menjadi amal jariyah donatur Laznas LMI. Aamin,” ujar Khoirul Nur Mustaqim, Kepala Kanwil Laznas LMI Kalsel. (nir)

————————-
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909 / http://bit.ly/KonfirmasiuntukBantuanKemanusiaan
🌐 www.lmizakat.org
————————-
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik