Dibesarkan dari keluarga yang sangat sederhana, tidak membuat Apri Prakoso menjadi sosok yang biasa-biasa saja. Sejak duduk di bangku sekolah, sudah banyak prestasi yang dia dulang. Anak ke 2 dari 4 bersaudara ini mempunyai keinginan yang besar untuk menjadi orang sukses, hingga dapat mengangkat derajat orangtuanya. Pemuda yang kini menjadi mahasiswa di Universitas Ali Nuaimy Jakarta Selatan ini telah menjadi binaan Laznas LMI sejak bersekolah di SMKIT Nurul Fikri Trenggalek. “Saya bersyukur mendapat mendampingan dari Laznas LMI, dan mendapatkan kepercayaan sebagai penerima beasiswa pintar selama ini,” ungkapnya.

Walau tinggal jauh dengan keluarga, pemuda 22 tahun ini tetap bersemangat untuk membanggakan kedua orang tuanya. Sang ayah saat ini bekerja sebagai penjahit di Bali dan ibunya seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kediri bersama dua adiknya. Demi memaksimalkan tekadnya, Apri punya keinginan yang cukup kuat untuk bersekolah sekaligus menambah hafalan alquran. Selain menghafal alquran, mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah ini juga aktif di kegiatan kampus dan mendapat amanah menjadi Kabid Tarbiyah BEM Nuaimy. Apri begitu ingin dirinya lebih bermanfaat untuk orang lain, terlebih bagi orang-orang di sekelilingnya.

Energi berbaginya ada di manapun ia berada. Selama tahun 2019 lalu, saat masuk semester 7 dan 8, Apri melakukan pengabdian masyarakat di pelosok Mentawai, Sumatera Barat. Selama pengabdian satu tahun penuh itu, ia dan mahasiswa lainnya mendirikan Rumah Qur’an di daerah tersebut. Saat ini, padepokan itu sudah mendidik lebih dari 100 santri. Selain itu, tempat belajar quran juga menjadi tempat untuk mengisi kajian ibu-ibu dan bapak-bapak. Bahkan, Apri pun aktif memakmurkan masjid setempat, menjadi khotib Salat Jumat, serta mengajar di sekolah sekolah di desa sekitarnya.

“Alhamdulillah, Allah menguatkan saya dalam mengabdi untuk keluarga, agama, dan negeri ini. Terima kasih kepada para donatur Laznas LMI yang telah banyak membantu saya dalam mewujudkan niat saya. Semoga keberadaan Laznas LMI menjadi keberkahan bagi kita semua dan seluruh masyarakat di Indonesia,” pungkasnya.