Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah @bpbd_jatim di Jl Letjen S Parman No 55, Sidoarjo (5/3). Kedatangan Khofifah kali ini disambut oleh Kepala BPBD Jatim Suban Wahyudiono, ST, MM beserta Kepala BPBD kabupaten/kota dan para relawan yang hadir. “Saya ingin memberi apresiasi terhadap relawan. Luar biasa loh. Ketika terjadi bencana alam, teman-teman relawan menjadi front liner kita untuk memberikan layanan secara lebih detail dan komprehensif,” tuturnya. Dalam kunjungannya tersebut, terdapat tiga fokus yang ditinjau Khofifah.
.

Pertama Peralatan Penanggulangan Bencana yang tediri dari Mobil “Communication mobile”, Mobil “Water Treatment”, Mobil Dapur Umum, Light Tower dan Perahu Ampibi & Perahu Karet.
Selanjutnya Khofifah menyampaikan dalam hal mitigasi bencana pemerintah harus mendukung baik dari depan, tengah ataupun belakang. dan dari lini ini BPBD harus tampil.
.
Saat evakuasi, tanggap darurat dan rekonstruksi “Saat proses evakuasi banyak hal yang membutuhkan penanganan spesifik. Misalnya ketersediaan ambulans dari mana, tandu bagaimana, bagaimana kesiapan dokter dan bagaimana respons layanan kesehatan.” tegasnya.

Selain itu, saat rapat di Pusdalops, Khofifah juga memaparkan, banyak hal yang perlu diupgrade secara teknologi. “Antisipasi dan kewaspadaan yang bisa dilalukan secara real time melalui digital mari kita lakukakan,” katanya mantap. Selain itu juga diperlukan kerjasama dengan provider-provider yang ada di Indonesia untuk kemudahan memberi early warning terjadinya bencana kepada masyarakat.

Untuk penanganan korban juga diperlukan pendataan yang tepat, dan penyaluran bantuan berupa santunan, atau kompensasi (bagi fisik) dan kerugian akaibat terdampak bencana yang tepat lewat asessment kerjsama instansi dan tim. Data kebencanaan sebaiknya berpusat dari BNPB agar datanya valid dan update.
.
.
.
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
.
#LaznasLMI #LMIcaretoshare #caretoshare #peduli #berbagi #muslim #indonesia #bnpb #bpbd #srpb #rnpb
#amanbencana #tangguh #siap