Lombok – Sepasang bocah masuk dalam satu sarung. Saat aba-aba terdengar, mereka berlari sekencang mungkin.  Banyak anak yang berjatuhan lantaran terganggu sarung. Meski begitu, mereka tertawa lepas.

Anak-anak itu adalah korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejenak mereka melupakan kedukaan karena rangkaian bencana gempa yang meluluhlantakkan desa mereka. “Anak-anak kami bikinkan lomba menyambut kemerdekaan. Supaya mereka lupa kalau sedang di pengungsian,” ujar anggota Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI M. Irfan Nurdiansyah.

Menurut dia, lomba balap sarung menjadi salah satu dari sembilan lomba yang akan ditandingkan. Termasuk lomba makan kerupuk nanti tidak ketinggalan. Ada juga lomba bulu tangkis. Semuanya berupa permainan yang menyenangkan.

Anak-anak dapat menyambut 17 Agustus dengan riang gembira seperti sebelum terjadi bencana. Untuk menyemangati mereka, para relawan Laznas LMI juga sudah menyiapkan hadiah khusus bagi para juara. Isi paket hadiah itu adalah alat tulis dan makanan. Meski sederhana namun dapat menjadi penyemangat anak-anak.

Sementara itu, terdata ada sekitar 130 anak dan ratusan dewasa yang menjadi pengungsi di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun. Pada Ahad (13/8), para relawan juga menggelar kegiatan kemanusiaan.

Selain lomba Agustusan yang menjadi bagian dari trauma healing atau penyembuhan trauma, relawan juga menghadirkan dua dokter untuk memberikan pelayanan medis. Ratusan pasien telah memeriksakan diri.

Dari pemeriksaan dr. Afifah Zahra Dzakiyah dan dr. Dian Nirmala Aprilia, sebagian besar warga mengeluhkan gangguan hipertensi, gangguan pernafasan, infeksi kulit, hingga diare. Selama ini, tim dokter juga melakukan pemeriksaan keliling ke lokasi sekitar dusun dan desa terdekat.

Sementara itu, relawan Laznas LMI juga melanjutkan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan bantuan makanan langsung melalui dapur umum. Jumlah makanan setiap hari sekitar 150 porsi.

Hari ini (13/8), tim relawan akan merealisasi pembuatan masjid darurat di Dusun Telaga sehingga bisa digunakan kembali. Selain itu, relawan membantu pembersihan puing dari bangunan rumah warga yang rusak.

Rencananya, relawan Laznas LMI akan berangkat delapan orang lagi menuju Lombok. Mereka juga akan terjun langsung membantu warga.

Sampai saat ini, warga masih membutuhkan logistik makanan, minuman, obat, terpal, dan yang lain. Mari berbagi dengan suadara kita di Lombok melalui Laznas LMI. Para relawan akan menyalurkannya kepada masyarakat Lombok.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian