edit1

Jakarta – Laznas LMI ikut ambil bagian dalam aksi umat muslim pada jumat (4/11) lalu. Namun bukan menjadi peserta, tetapi ikut serta dalam upaya membersihkan sampah dari peserta aksi tersebut.

 

Melalui Komunitas Halaqah Dzikir Pemulung (HDPE) yang merupakan binaan Laznas LMI, dan bekerjasama dengan Lapak Sampah Indonesia (LSI), Fusi Foundation (FF) dan  Mualaf Center Indonesia (MCI), pemulung yang mengenakan peralatan lengkap seperti sarung tangan, plastik hitam, dan penutup hidung ini membersihkan seluruh sampah seperti botol minuman air mineral, kardus, bungkus makanan, dan lainnya ke dalam wadah plastik. Wadah plastik itu dikumpulkan sebelum nantinya diangkut.

 

Direktur Utama LAZNAS LMI, Agung Heru Setiawan mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana mengenalkan pemulung bahwa Islam Itu damai. “Dan masyarakat Islam yang ikut aksi juga mengetahui bahwa dibalik kehidupan yang keras, para pemulung memiliki perhatian terhadap permasalahan Islam, walau mereka dianggap kurang berpendidikan dan apatis terhadap kondisi umat saat ini,” ujar Agung.

 

Hal serupa juga dilakukan saat pergelaran Tilawah Bareng yang diselenggarakan oleh Komunitas One Day One Juz (ODOJ) pada Ahad (13/11) di Stadion Patriot, Bekasi. Di kesempatan ini, HDPE kembali membantu membersihkan sisa botol minuman dan plastik dari peserta yang kemudian di kumpulkan dan selanjutnya akan didaur ulang.

 

Kegiatan ini juga selaras dengan tema Laznas LMI sepanjang tahun 2016, yaitu peduli terhadap lingkungan melalui kepedulian kebersihan dan juga akan sampah. [ahs/dp/af]