Hai, Sobat Zakat! Kembali lagi bersama kami, Relawan Cilik LMI Rescue yang menjadi peserta Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Belitung. Berikut cerita tim kami yang terdiri dari Shofie, Habibah, Chio, Yunus, Ervin, Gibran, Khais, dan Azmi.

Rabu, 9/10

Kami sudah tiba di Belitung. Perjalanan panjang ini sangat melelahkan. Sebagian dari kami sempat terlelap pulas dalam bus saat menuju penginapan. Sore hari, ramai-ramai kami menanti pemandangan indah matahari tenggelam sambil melakukan susur pantai dan berenang di tepian. Terbayar sudah segala lelah. Malam harinya, kehadiran kami sebagai Relawan Cilik disambut sangat meriah oleh ratusan peserta jambore yang berasal dari 12 Provinsi. Pak Papang, Kasubdit pemberdayaan masyarakat BNPB, mengenalkan kami yang masih berusia 8 sampai 11 tahun ini ke semua peserta. Malam pertama yang ramai sekali pokoknya.

Kamis, 10/10

Hari ini kami bangun pagi dengan lebih semangat dibanding hari biasanya. Setelah jamaah sholat Subuh, kami lekas mempersiapkan diri untuk senam pagi dan sarapan bersama. Acara pun dilanjut dengan upacara pembukaan, tanda Jambore Relawan ini resmi dimulai. Sebagai peserta termuda, kehadiran kami membawa suasana jadi riang gembira. Kakak-kakak juga bergiliran mengajak kami berfoto. Wah, mungkin begini ya rasanya jadi artis terkenal, hehe. Pukul 2 siang kami diminta untuk unjuk kebolehan di atas panggung, sekaligus melatih kesiapan kami di hari esok. Wah, Bangga sekali bisa turut mendampingi kakak-kakak tim BNPB.

Jum’at, 11/10

Tak terasa, sudah memasuki hari ke-3. Ini hari yang paling kami tunggu, karena kami akan menjadi guru. Di SDN 15 Sijuk Desa Kecipir, kami memberikan edukasi mitigasi bencana kepada teman-teman sebaya kami, agar kelak ketika terjadi bencana mereka tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, kami juga ikut menanam bibit pohon bersama Pak Doni Monardo Kepala BNPB.

Menyenangkan sekali kan perjalanan kami?! Masih ada 2 hari lagi nih sebelum akhirnya tiba waktu untuk pulang. Jangan lewatkan ya~

Laznas LMI⁣⁣
:office: Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya⁣⁣
:phone: 0822 3000 0909⁣⁣
:globe_with_meridians: www.lmizakat.org